Bantu Pemulihan Ibu Setelah Melahirkan dengan Pijat


Pemijatan tubuh setelah melahirkan dipercaya mampu mengembalikan kebugaran sang ibu, karena ketegangan otot-otot saat proses melahirkan diyakini bisa hilang dengan melakukan pijat dengan metode yang benar.

"Pijat setelah melahirkan normal itu tidak masalah. Yang penting, pemijatnya mengerti, bagian mana saja yang boleh dan tidak boleh dipijat," kata pemilik klinik kesehatan de Health Solutions, dokter Herti Eliza Silalahi, di Jakarta, seperti dilansir situs Tempo Kamis, 30 Juli 2015.

Herti mengatakan, sang ibu juga perlu memperhatikan kondisi tubuhnya sendiri, apakah tidak ada masalah ketika akan dilakukan pijatan, serta mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan pijat.

Menurut Herti, untuk bagian tubuh: tangan, kaki, dan kepala, proses pengurutan bisa dilakukan sesaat setelah melahirkan, dengan memperhatikan tekanan pada pijatan tersebut.

Sementara itu, lanjut Herti, pijatan pada bagian perut baru boleh dilakukan setelah 40 hari pasca-melahirkan, karena rahim sudah kembali ke kondisi normal.

"Kalau terapis profesional pasti tahu bagian mana saja yang perlu dipijat pasca-melahirkan, karena mereka mendapatkan pelatihan," kata Herti.

Namun, Herti menganjurkan, untuk ibu yang melahirkan melalui operasi atau sectio caesar, sebaiknya pemijatan pada bagian perut dilakukan setelah luka jahitan sudah kering, atau sekitar t3-6 bulan pasca-melahirkan.

"Kalau melahirkan melalui operasi itukan prosesnya tidak normal, sehingga waktu penyembuhannya lebih lama dibandingkan proses melahirkan secara normal," ujar Herti.


Related

Kehamilan 41533545931965993
item