6 Manfaat dan Khasiat Hebat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan



Daun sirih merah atau disebut juga dengan Piper Crocatum adalah salah satu jenis tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun sirih merah mengandung bahan kimia seperti minyak atsiri, kavicol, kavibetol, hidroksikavicol, karvakrol, allylprokatekol, cineole, eugenol, p-cymene, caryofelen, ter-penena, fenil propada dan kadimen estragol.

Berikut ini adalah manfaat daun sirih merah bagi kesehatan tubuh.

1. Daun sirih merah bermanfaat untuk mengatasi keputihan dan bau yang tidak sedap pada daerah kewanitaan. Caranya dengan merebus 7 sampai 10 lembar daun sirih merah kemuadian biarkan air rebusan tersebut dingin dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

2. Manfaat daun sirih merah sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulat dan menyegarkan nafas. Oleh sebagian besar orang tua jaman dahulu, daun sirih sering digunakan sebagai bahan untuk membersihkan gigi.

3. Daun sirih merah juga bermanfaat sebagai anti oksidan, anti inflamasi, anti diabatic, anti kanker dan anti septic karena daun sirih merah mengandung zat polifenol, alkanoid dan plavonoid yang baik untuk kesehatan tubuh. Dimana zat alkanoid bekerja untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

4. Daun sirih merah berfungsi sebagai anti jamur karena mengandung zat kalvakol. Jika Anda terjatuh dan terluka maka gunakan air perasan daun sirih merah untuk desinfektan sebagai pembunuh kuman. Rasanya mungkin sangat perih namun luka akan cepat sembuh.

5. Daun sirih merah bermanfaat sebagai penyembuhan diare karena daun sirih merah mengandung senyawa kimia tannin.

6. Memanfaatkan daun sirih merah sebagai pembersih mata. Caranya remas-remas daun sirih merah kemudian campurkan dengan air bening. Masukkan mata kedalam wadah yang telah berisi air daun sirih merah dan kedip-kedipkan mata.

Related

Makanan Sehat 8291361580919805319
item