7 Tips Mudah Cara agar Bayi Bisa Tidur Lama


Selama beberapa bulan pasca melahirkan, banyak ibu yang mengaku stres terhambat melakukan berbagai aktivitas akibat waktu tidur bayi yang hanya sebentar-sebentar. Belum lagi di malam hari, tidur ibu pun ikut terganggu karena bayi lebih sering terbangun.

Bagaimana pun, butuh kesabaran lebih banyak untuk meghadapi bayi di masa-masa ini dan sangat penting untuk selalu menjaga kenyamanannya. Oleh karena itu, agar ibu dapat merancang aturan sendiri bagi rutinitas tidur bayi. 

Berikut ini beberapa tips efektif agar bayi tidur lebih lama:

Pahami siklus tidurnya
Cobalah jadikan tidur bayi bagian dari rutinitas kesehariannya. Perhatikan kapan waktunya mereka tidur, lalu bantu agar bayi bisa selalu tidur pada waktu yang sama. Nantinya mereka akan terbiasa dengan irama siklus tidurnya sendiri.

Ciptakan mood yang baik
Berikan kenyamanan ekstra saat bayi diletakkan di tempat tidur. Ajak mereka bicara atau sekadar bercerita sendiri agar bayi tahu orangtuanya ada di dekatnya. Hindarkan gangguan berlebih seperti cahaya terang, suara keras, atau udara dingin.

Temani mereka sebelum tidur
temani bayi hingga tertidur pulastemani bayi hingga tertidur pulas
Jangan anggap bayi sama dengan orang dewasa. Meninggalkannya untuk melakukan urusan lain sebelum bayi benar-benar tertidur pulas hanya akan menciptakan perasaan tidak aman dan nyaman sehingga tidurnya pun tidak nyenyak.

Isi penuh perutnya
Tiap bayi pasti memiliki kebiasaan menyusu yang berbeda. Meski begitu, mereka semua akan menangis dan terganggu dari tidurnya jika merasa lapar, atau bahkan sulit tidur jika perutnya lapar. Oleh karena itu, susui bayi sekenyang mungkin hingga ia menolak ASI yang diberikan. Jangan lupa, selalu tegakkan dan tepuk-tepuk punggungnya setelah menyusu agar pencernaannya lancar dan tidurnya jadi tidak terganggu.

Perhatikan waktu tidur yang tepat
Jangan sengaja menidurkan bayi mepet dengan waktu tidur malam, walaupun ada tugas mendesak yang harus dilakukan. Ini akan mempersulit keadaan karena bayi akan lebih sulit tidur dan malah rewel di malam hari.

Ciptakan kebiasaan positif
jangan terlalu sering menggendong bayijangan terlalu sering menggendong bayi
Bayi menangis yang sering ditenangkan dengan cara digendong atau ditimang, nantinya akan terbiasa begitu. Suatu saat, kamu bisa kewalahan jika harus menimangnya dulu sementara masih banyak pekerjaan lain yang harus dilakukan. Jadi, daripada mengangkatnya dari tempat tidur saat bayi terbangun dan menangis, lebih baik ciptakan kebiasaan positif semisal menepuk-nepuk pantatnya atau menciptakan kenyamanan lain agar bayi mengerti bahwa itu tempat yang aman.

Libatkan pasangan
Akan ada situasi paling menyita emosi ketika kamu merasa lelah terus bersabar tiap kali harus menidurkan bayi berulang kali. Sebelum ini terjadi, bicarakan baik-baik pada pasangan untuk mengerti keadaanmu, dan minta dia untuk ikut terlibat mengatasi bayi pada situasi ini. Percayalah, dengan begini, proses menghadapi bayi pasti terasa mudah.

Jadi, jangan stres lagi hanya karena bayi sulit tidur lama. Karena cara yang tepat pasti akan membantumu membuat perubahan besar!


Related

Kehamilan 7462588854810536761
item