Inilah Sebabnya Kadang Timbul Jerawat saat Menstruasi


Saat menstruasi kebanyakan wanita mengalami perubahan hormone yang membuatnya lebih sensitif.

Apalagi ditambah menjadi lebih menjengkelkan dengan adanya jerawat pada wajah saat menstruasi. Seperti yang dilansir Dailymakeover, hal-hal seperti itu memang normal terjadi saat wanita menstruasi.

Penyebab timbulnya jerawat saat menstruasi disebabkan oleh hormon. Siklus normal wanita menstruasi adalah 28-30 hari. Pada dua minggu pertama, progesterone melebihi jumlah esterogen, hormon yang paling dominan.

Sebelum dan tepat pada periode menstruasi esterogen dan progesterone mengalami penurunan ke tingkat terendah dari siklus menstruasi. Sementara testoteron tetap stabil sepanjang bulan.

Pada hari ke-14 siklus menstruasi, peningkatan progesteron yang melebihi jumlah esterogen akan memicu produksi sebum, minyak dalam pori-pori. Peningkatan progesteron yang tinggi ini dapat mengecilkan pori-pori.

Yang harus diketahui adalah tidak selamanya pori-pori kecil itu baik. Karena kelebihan produksi sebum, pori-proi yang kecil mengakibatkan minyak, kotoran dan bakteri mengendap atau tepatnya terperangkap sehingga mengakibatkan jerawat atau peradangan kulit.

Namun, jangan khawatirkan hal tersebut. Karena kulit akan kembali normal setelah masa menstruasi selesai.


Related

Wajah 7590020225176605910
item