5 Tips Cara Atasi Stres pada Ibu Hamil agar Tak Timbulkan Dampak Negatif di Kemudian Hari

Stres mengacu pada tekanan fisik, mental serta emosional seseorang. Stres dipengaruhi oleh beberapa hal, bisa karena jalanan macet, pekerjaan, pasangan atau lainnya. Lalu, bagaimana jika stres dialami oleh ibu hamil?

Stres yang terjadi pada ibu hamil tak hanya mempengaruhi fisik dan psikolgis ibu, janin juga dapat terkena imbasnya. Bahkan, beberapa penelitian juga mengatakan bahwa stres pada ibu hamil dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur serta membahayakan janin.

Kondisi tersebut dikarenakan oleh hormon stres, kortisol, yang akan melewati plasenta sehingga dapat mempengaruhi perkembangan emosional bayi yang ada di dalam kandungan. Karena itulah, Anda harus segera mengatasi stres yang Anda alami agar tak menimbulkan dampak negatif. Berikut caranya:

1. Istirahat dan fokus pada kandungan

Saat Anda tengah stres sebaiknya Anda beristirahat dan santai sejenak untuk menghilangkan stres. Anda dapat meluangkan waktu berlibur atau berjalan-jalan untuk memperbaiki suasana hati. Tak hanya itu, Anda juga dapat berinteraksi atau mengajaknya berkomunikasi dengan calon bayi Anda tentang hal yang menyenangkan. Hal tersebut dapat menambah keintiman Anda dan bayi nantinya.

2. Berbicara tentang hal yang menyebabkan stres

Saat Anda stres biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang membuat Anda menjadi kepikiran. Oleh karena itu sharing mengenai masalah tersebut dengan pasangan atau teman dekat merupakan cara terbaik untuk membuat keadaan kembali seperti semula. Berbagi bisa membuat perasaan Anda jauh lebih baik. Selain itu, mungkin mereka bisa membantu Anda mencarikan jalan keluar.

3. Mengonsumsi makanan bergizi

Saat hamil, ibu memang dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang bergizi. Hal tersebut disebabkan, apa yang Anda makan maka akan dimakan pula oleh janin. Nah, mengonsumsi asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral sangat penting karena dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mengurangi depresi. Asam lemak omega-3 bisa Anda temui pada ikan salmon ataupun ikan tuna. Jangan lupa untuk minum air putih minimal 1,5 liter/hari untuk menghindari Anda dari risiko dehidrasi.

4. Mempersiapkan persalinan

Mempersiapkan kelahiran si kecil adalah salah satu cara efektif untuk menghilangkan stres saat kehamilan. Bahkan, kebanyakan ibu akan merasa senang saat memilih berbagai macam keperluan bayi, seperti baju, box bayi, sepatu dan lainnya. Memilih rumah sakit saat akan melahirkan nanti juga tak luput dari perhatian Anda.

5. Olahraga

Ibu hamil memang disarankan untuk tetap melakukan olahraga selama kehamilan, tak perlu yang berat Anda dapat melakukan senam hamil. Hal tersebut dikarenakan, senam hamil dapat meningkatkan mood Anda dan tentunya dapat membuat berat badan Anda tetap stabil sehingga dapat menghindarkan Anda dari risiko obesitas.


Related

Kehamilan 7049826605784839957
item