8 Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata


Berikut 8 tips bagaimana menjaga kesehatan mata, terutama bagi mereka yang rutinitas kesehariannya menggunakan mata sebagai modal dasarnya misalnya : Programmer, Penulis dan Pelukis. Tips berikut dirangkum dari berbagai sumber, semoga beramnfaat.

1. Tes mata secara teratur


Tidak ada salahnya untuk melakukan tes mata Anda secara teratur. Hal tesebut sangat penting untuk mengetahui ketajaman dan kemampuan umum mata, selain itu juga dapat membantu mendiagnosa dan mencegah kondisi mata seperti katarak, mata minus, mata plus, degenerasi makula dan glaukoma.

2. Hindari melihat dalam cahaya yang terlalu terang
Cahaya yang terlalu terang misalnya Matahari. Sebaiknya, hindari melihat cahaya tersebut secara langsung, karena dapat merusak mata terutama bagian mata yang menerima cahaya.

3. Hindari kebiasaan mengucek mata


Mengucek atau membersihkan mata dengan tangan, mudah untuk dilakukan, namun kebiasaan tersebut sebaiknya dihindari, apalagi jika tangan tidak dalam kondisi bersih. Apabila rasa kurang nyaman pada mata alangkah baiknya jika diteteskan tetes mata dan berkedip, jika keluhan masih berlanjut silakan menghubungi petugas medis terdekat. Kebiasaan mengucek mata yang tidak baik dapat mengganggu dan menyebabkan infeksi pada mata.

4. Perbanyak makan buah dan sayuran
Makanan yang disarankan untuk menjaga kesehatan mata diantaranya Wortel dan Tomat. Terutama wortel mengandung banyak beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula pada mata.

5. Menggunakan mentimun

Mentimun dapat digunakan untuk mengompres kelopak mata Anda. Caranya dengan menaruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari. Biasanya Mata akan terasa lebih segar setelah menggunakan cara tersebut.

6. Hindari membaca dalam cahaya redup


Cahaya yang redup membuat mata beraktivitas lebih berat dibandingkan dalam cahaya yang cukup, sehingga membiasakan membaca pada cahaya redup secara perlahan dapat merusak dan mengganggu aktivitas mata terutama lensa dan otot-otot mata. Oleh karena itu sebaiknya sediakan ruangan yang cukup cahaya untuk membaca.

7. Istirahatkan mata Anda

Tidak ada salahnya jika kita mengistirahatkan mata selain saat tidur malam atau siang. Baiknya adalah 2 jam setelah aktivitas fisik dengan mata atau mata Anda terasa pedih dan lelah, usahakan untuk mengistirahatkan mata Anda, baik dengan melihat pemandangan indah yang jauh maupun dengan rebahan dengan mata tertutup.

8. Kurangi penggunaan tetes mata


Tetes mata dalam beberapa kasus memang disarankan untuk digunakan, misalnya mata merah. Namun apabila menggunakan tetes mata tanpa indikasi dan rutin hanya untuk membuat mata merasa nyaman, sebaiknya dihindari. Hal tersebut dapat mengganggu dan merusak mata terutama bagian depan mata.

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Related

Kesehatan Mata 492166496582265050
item