Minggu, 13 Mei 2012

Resiko Penggunaan Software Bajakan, Pelanggaran UU HAKI Dengan Hukuman Berat

Menggunakan Software Bajakan memang bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang tidak memiliki uang untuk membeli software aslinya. Namun menggunakan software bajakan bukanlah pilihan yang tepat. Sebenarnya banyak software gratis yang tersedia di internet untuk berbagai kebutuhan. Untuk itulah cara terbaik untuk menghindari software bajakan adalah mencari alternatif software gratis pengganti.

Memang software gratis biasanya tidak memiliki kemampuan yang maksimal dibandingkan dengan software berbayar. Fitur yang dimiliki juga tidak selengkap software berbayar yang lebih profesional. Namun menggunakan software bajakan adalah suatu hal yang illegal. Dengan menggunakan software bajakan, Anda menjadi seorang penjahat dan ikut mendukung berkembangnya kejahatan di bidang pembajakan.

Resiko Penggunaan Software Bajakan

Sebenarnya banyak resiko yang harus Anda tanggung saat Anda menggunakan software bajakan. Salah satu resiko yang cukup besar adalah berhadapan dengan pihak berwajib. Saat Anda tertangkap menggunakan software bajakan untuk tujuan bisnis, Anda bisa dijerat undang-undang perlindungan hak atas kekayaan intelektual (HAKI). Anda bisa dipenjara dan didenda uang ratusan juta saat tertangkap menggunakan software bajakan ini.

Sudah banyak perusahaan yang tertangkap basah menggunakan software bajakan terutama produk-produk perusahaan software besar seperti Microsoft, Adobe, Corel, Symantec, dan perusahaan lainnya. Untuk menghindari urusan dengan polisi, sebaiknya Anda tidak menggunakan software bajakan. Jika memang Anda butuh software itu, maka membeli merupakan pilihan yang tepat. Jika dana tidak mencukupi, maka carilah software sejenis yang gratis digunakan.

Resiko lainnya dengan penggunaan software bajakan adalah terkena virus. Banyak software bajakan yang sudah disisipi virus untuk kepentingan pihak-pihak tertentu. Tak jarang sistem komputer mengalami kerusakan fatal yang akhirnya menimbulkan kerugian yang lebih besar untuk Anda. Seluruh data Anda di dalam komputer juga bisa terancam hilang dengan beredarnya virus ini. Bahkan tak jarang hardware komputer juga bisa rusak oleh serangan virus komputer.

Software bajakan yang Anda gunakan juga tidak memiliki fitur untuk melakukan update. Hal ini disebabkan karena software bajakan tidak dapat terhubung ke server pengembang untuk proses update. Saat terhubung, software Anda akan tertangkap sebagai bajakan dan tidak dapat melakukan update. Karena tidak terupdate dengan baik, otomatis kemampuan softwarejuga tidak akan sebaik software aslinya yang terus diupdate secara otomatis.

Kelemahan lain dari software bajakan adalah keterbatasan fitur yang bisa dijalankan. Ada beberapa software yang dibajak tidak dapat menjalankan fungsi-fungsi tertentu yang bisa dilakukan oleh software aslinya. Keterbatasan ini disebabkan tidak sempurnanya software yang telah dibajak tersebut.

Beberapa Software Gratis Pengganti

Sebenarnya ada banyak software yang bisa Anda gunakan untuk menggantikan software bajakan. Misalnya untuk sistem operasi Anda bisa menggunakan Linux yang notabene gratis. Untuk software Office, Anda bisa ganti dengan Open Office dengan kemampuan yang tidak kalah baiknya. Untuk software desain, Anda bisa gunakan Gimp. Untuk software kompresi data Anda bisa menggunakan 7-Zip dan lain sebagainya.

Melihat begitu banyaknya resiko penggunaan software bajakan, maka menghindari pemakaian software bajakan ini merupakan jalan terbaik. Hargailah hasil jerih payah orang lain dengan tidak menggunakan software bajakan. Beralih ke software gratis yang tidak kalah bagusnya merupakan solusi terbaik.

sumber :

0 komentar: