Kebutuhan Kalsium Harian Manusia Berdasarkan AKG

PENTINGNYA kalsium untuk menjaga tulang yang kuat serta gigi pasti sudah Anda ketahui. Namun di Indonesia sendiri, asupan kalsium seseorang masih jauh mengkhawatirkan, termasuk pada golongan umur dewasa dan anak anak. Lantas berapa kebutuhan kalsium harian Anda?

Menurut Astri Kurniati, ST, MAppSc dalam satu hari, anak usia 4-9 tahun butuh 1000 mg /hari, dan 10-18 tahun butuh 1200mg/hari. Sementara orang dewasa 19-29 tahun membutuhkan kalsium sekitar 1100 mg/hari, sedangkan 30 tahun ke atas 1000 mg/hari. Hal tersebut berdasarkan angka kecukupan gizi 2013.

Kendati demikian, asupan kalsium seperti susu sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan anak tetap optimal, tidak hanya sehat, namun juga memiliki tubuh tinggi dan postur tubuh yang ideal.

"Susu menjadi sumber tinggi kalsium yang dapat dengan mudah ditemukan. Namun, orang tua juga perlu memperhatikan kandungan gizi yang terkandung dalam segelas susu, untuk memastikan kandungan lemaknya tetap aman. Menurut database USDA, susu full cream mengandung lemak hampir tiga kali lipat lebih banyak, jika dibandingkan susu skim. Sehingga, dianjurkan bagi anak untuk dapat memilih susu rendah lemak, agar asupan lemak tidak berlebih, cukup sekitar 25-35 persen saja dari total konsumsi harian,” bebernya dalam acara “Kegiatan HiLo School Drawing Competition tahun ini mengusung tema “Tumbuh Tinggi, Gapai Mimpi” di Restoran Locanda, Jakarta, Selasa (16/5/2015).

Ia menambahkan, secara umum tinggi badan seorang anak bisa bertambah sekitar 5-6 cm/tahun.

"Namun pastikan semuanya terpenuhi seperti nutrisi seimbang khususnya kalsium, aktivitas fisik dan istirahat yang cukup," bebernya.

Kemudian, lanjutnya ada beberapa sumkber kalsium lain selain susu yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium anak, seperti buah satu potong semangka, satu cup brokoli, satu mangkok bayam dan satu butir telur.


Related

Kesehatan Tulang 3600685115294624333
item