Mengenal 7 Macam Jenis Jerawat yang Dialami Wanita maupun Pria



Jerawat merupakan salah satu faktor yang dapat membuat tingkat kepercayaan diri seseorang menurun super drastis, bahkan bagi kebanyakan wanita jerawat yang tumbuh diwajah merupakan suatu masalah besar karena merusak penampilan.

Bagi anda yang memiliki jerawat sudah kah anda mengenal jenis-jenis jerawat pada umumnya atau tahukah anda jenis jerawat apa yang sedang melekat di wajah Anda? Jerawat awal mulanya tumbuh dari komedo yang melekat di wajah sehingga menjadi jerawat. Apa sih komedo itu? Komedo terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak atau lemak, sel kulit mati, dan keratin. Sebuah sumbatan yang tertutup dinamakan komedo putih, sementara untuk sumbatan yang terbuka dan teroksidasi dengan udara bebas akan berubah warnanya menjadi hitam dan disebut dengan komedo hitam. Sebuah komedo yang kemudian membesar menyebabkan dinding folikel pecah dan dari sini akan terjadi peradangan yang kemudian disebut jerawat.

Jerawat dapat dibagi menjadi beberapa tipe, untuk mengenalinya berikut terdapat beberapa tipe dan penjelasan mengenai jenis – jenis jerawat :

1. Acne Vulgaris
Hampir 80% orang dewasa mengalami jerawat tipe ini. Jerawat ini muncul akibat peradangan atau bisa tanpa peradangan, disertai pula dengan rasa nyeri, bengkak dan wajah kemerahan. Jerawat jenis ini biasanya muncul pada daerah wajah, punggung dan dada.

Penyebab jerawat ini karena produksi sabun yang berlebihan menyebabkan adanya bakteri Propionibacterium acnes, dan proses peradangan pada kulit. Bentuk acne vulgaris secara berurutan dapat terbagi atas bentuk komedo, jerawat ringan, jerawat sedang, hingga yang paling berat adalah jerawat kistik.

Setelah masa pubertas, acne vulgaris lebih sering dialami oleh pria. Namun memasuki usia dewasa, acne vulgaris lebih sering terjadi pada wanita.

2. Acne Conglobata
Jerawat ini adalah jerawaat kistik yang berat, bisa di awali atau tanpa di awali adanya jerawat acne vulgaris. Jerawat ini pada umumnya dialami oleh pria muda dan muncul di dada, punggung, bokong.

3. Acne Fulminans (Acne Maligna)
Merupakan kondisi yang jarang terjadi dan sering dialami oleh pria dalam usia remaja (13-16 tahun). Jenis jerawat ini umumnya didahului oleh riwayat acne vulgaris ringan hingga sedang selama 1 tahun, dan disertai gejala sistemik seperti demam, nyeri sendi, pembesaran liver dan limpa, serta kelemahan tubuh.

4. Drug-related Acne
Adalah jerawat yang dikarenakan penggunaan obat-obatan tertentu misal steroid, anti kejang, obat penenang, hormon atau pengobatan TB.

5. Acne Neonatus
Merupakan jenis jerawat yang dialami oleh bayi baru lahir usia 2 minggu hingga 3 bulan, dan lebih sering terjadi pada bayi laki-laki. Jerawat timbul pada pipi atau hidung, tanpa komedo, dan umumnya akan hilang sendiri. Penyebabnya diyakini akibat rangsangan kelenjar sebasea dari hormon androgen bayi atau ibu bayi, atau sebagai respon peradangan terhadap jamur Malassezia yang sering ditemukan pada kulit manusia.

6. Acne Infantil
Merupakan jenis jerawat yang dialami oleh bayi berusia 3-12 bulan. Sering kali ditemukan dalam bentuk komedo kecil hingga peradangan pada pipi. Anak dapat mengalami risiko acne vulgaris lebih besar dan lebih berat ketika beranjak dewasa.

7. Rosacea
Merupakan kelainan pada kulit yang menyerupai jerawat. Dicirikan dengan kemerahan dan rasa hangat pada kulit wajah, pelebaran pembuluh darah di bawah kulit, dan permukaan kulit yang kasar.

Demikian jenis – jenis jerawat yang dapat tumbuh pada kulit. Selalu jaga kebersihan diri Anda agar terhindar dari serangan jerawat.

Related

Wajah 6091996211062412517
item