5 Akibat Jika Anda Kurang Tidur Malam Hari


Kesehatan tubuh akan terasa terganggu ketika anda kurang tidur, kebanyakan orang menyibukkan diri dengan aktivitasnya sehari-hari bahkan hingga lembur sampai larut malam, yang menyebabkan mereka mengenyampingkan yang namanya istirahat. Padahal kita sadari bahwa tubuh sudah terasa lelah, dan istirahat menjadi hal penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya.

Dibawah ini ada beberapa masalah kesehatan yang disebabkan jika Anda kurang istirahat atau kurang tidur terutama pada malam hari :

1. Stres

Pada saat tubuh Anda kurang tiur maka salah satu hormon koristol meningkat, ketika terjadi peningkatan pada hormon ini maka akan mengakibatkan jantung berdetak semakin kencang sehingga dapat mengakibatkan resiko terkena stroke cukup besar bahkan bisa jadi serangan jantung. Sebagaimana juga telah di lansir pada medscape bahwa hormon stress yang meningkat akan meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2 pada orang yang kesusahan tidur.

2. Gangguan Memori

Seseorang akan merasa sulit untuk dapat berkonsentrasi atau fokus pada suatu titik bahkan keseringan lupa karena kurangnya tidur atau istirahat terutama pada malam hari. Efek dalam jangka panjangnya dapat mengganggu kemampuan kognitif. Menurut penelitian University of Oxford orang yang tidurnya kurang cenderung memiliki otak yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan orang yang normal tidurnya.

3. Obesitas

Biasanya orang-orang yang kurang tidur karena dibiasakan dengan akivitas begadang dimana begadang cenderung dengan mengkonsumsi makanan. Apabila hal ini dilakukan secara terus-menerus padahal pada waktu malam hari tubuh kita tidak terlalu pada melakukan banyak hal maka makanan akan disimpan dalam tubuh dan kemudian akan menjadi lemak. Sehingga beresiko orang tersebut akan terkena obesitas yang dapat menjadi kunci masuknya berbagai macam penyakit.

4. Penuaan Lebih Cepat

Beberapa sel tubuh akan mati ketika seseorang sedang tertidur dimalam hari, sehingga apabila seseorang kurang tidur akan menyebabkan regenerasi sel tubuh menjadi lambat dan tubuh akan mengalami penuaan yang lebih cepat.

5. Imunitas Menurun

Tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang merupakan salah satu hormon yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah yang cukup bagi tubuh untuk dapat menangkal sel racun, kegiatan ini terjadi pada saat tubuh sedang tertidur. Penangkal sel kanker yang bernama TNF yang dihasilkan dari sel pemuluh darah ketika manusia sedang tertidur. Jadi apabila tubuh kurang tidur maka imunitas tubuh akan menurun dan melemah sehingga membuat ketahanan tubuh terhadap penyakit-penyakit menjadi lebih mudah masuk dan tubuh akan rawan terkena penyakit.

Related

Tips Tidur 5851560090744149615
item