6 Tips Cara Menantu Membina Hubungan Harmonis dengan Mertua



Salah satu tantangan dalam pernikahan ialah bagaimana menjalin keakraban dengan ibu mertua. Ini ternyata penting karena sebuah hasil penelitian menyebutkan, sekitar 60 persen ketegangan dalam rumah tangga terjadi, diakibatkan oleh istri dan mertuanya.

Dilansir Boldsky, sebagai istri yang baik tentu Anda akan berusaha untuk terbaik di mata mertua. Berikut beberapa tips bagaimana menjadi menantu idaman: 

Berperilaku positif
Jika Anda merasa posisi menantu adalah sesuatu yang baru, begitu pun dengan yang dirasakan oleh ibu mertua Anda. Untuk mengatasi kecanggungan, cobalah mendekatinya dengan berperilaku positif. Bersikap santun misalnya.

Samakan dengan orang tua sendiri
Perlakukan ibu mertua Anda, sebagaimana Anda bersikap kepada orang tua. Jangan pilih kasih. Jika Anda punya waktu untuk mengunjungi orang tua, upayakan untuk mengunjungi mertua di hari yang lain.

Peka
Cobalah pahami bahwa ibu mertua Anda tengah beradaptasi dengan adanya wanita lain dalam hidup putra kandungnya. Apabila memang ada konflik yang terjadi, atasi dengan kedewasaan, bukannya dengan emosi.

Hormat
Jangan pernah merendahkan ibu mertua Anda. Selalu ingat bahwa dia adalah wanita yang lebih tua dan bijak. Cobalah ajak dia berbincang untuk menceritakan pengalaman hidupnya.

Perhatian
Berikan perhatian kepada mertua Anda. Jika sulit memahami keinginannya, cobalah Anda duduk dan berbincang, dengarkan apa yang ia mau dari Anda.

Komunikasi
Bersikaplah terbuka kepada mertua. Jika ada masalah jangan dipendam sendiri, bicarakan dengan suami dan ibu mertua. 


Related

Pernikahan 4673297055279772594
item