7 Tips Mudah Cara Merawat Kuku agar Tetap Sehat dan Tidak Rapuh




Memiliki kuku yang cantik dan sehat menjadi idaman semua orang. Terlebih kecantikan kuku juga bisa mendukung penampilan mereka untuk tampil lebih berkelas. Untuk itu perlu dirawat.

Mengutip allwomenstalk (9/6/15) ada beberapa tips yang mudah dilakukan di rumah agar kuku terhindar dari masalah seperti rapuh.

1. Gunakan Sarung Tangan

Sarung tangan ini begitu berguna untuk melindungi kuku dari pengaruh zat kimia yang berasal dari produk rumah tangga. Gunakan sarung tangan karet untuk melindungi kuku dari sabun pencuci piring.

2. Memakai Obat Perawatan Kuku
Bagi anda yang senang memakai cat kuku dan menghapusnya dengan aseton, mulai sekarang biasakan untuk tidak terlalu sering memakainya. Biarkan kuku bernapas atau melakukan regenerasi sel-sel baru seminggu sekali. Cucilah tangan anda sebelum tidur dan kemudian pijatkan krim vitamin tersebut ke atas seluruh permukaan kuku dan kutikula anda.

3. Mempunyai Perlengkapan Manikur Sendiri

Sobekan kecil pada sisi kuku kadang tidak anda sadari, tapi hal tersebut cukup berpotensi untuk melukai tangan anda. Untuk menghindari hal semacam itu, anda perlu menyimpan perlengkapan manikur dalam kotak make up anda. Jika terjadi sayatan kecil atau kuku patah, anda dapat dengan segera memotongnya.

4. Jangan Mengikir Kuku Berlebihan

Dengan menggunakan alat kikir, anda bisa membentuk dan memperhalus ujung kuku menjadi lebih indah. Tapi jika hal itu dilakukan terlalu keras dan berlebihan, malah akan menghapus lapisan permukaan kuku. Sehingga mengakibatkan kuku menjadi lemah dan rentan terhadap infeksi. Jika anda menginginkan kuku yang bersinar, gosokan saja pasta gigi atau perasan lemon untuk menghapus noda pada kuku.

5. Makan dengan Benar

Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan berkilau pastikan juga makanan yang anda konsumsi sehat. Selain itu, untuk anda yang sangat sibuk harus cukup tidur ditambah dengan suplemen yang mendukung.

6. Bebaskan Kuku dari Pewarna Kuku

Bagi penggemar seni menghias kuku (nail art) anda harus mempertimbangkan bahaya dari keseringan menggunakan zat kimia yang mengandung aklirik tersebut. Jika kuku anda sudah terlanjur bermasalah karena hal ini, maka anda harus membiarkan kuku anda beristirahat. Setidaknya, tunggulah waktu hingga sebulan agar kuku kembali sehat dan normal seperti semula.

7. Meminilasir Penggunaan Zat kimia

Saat ini sudah banyak toko yang menyediakan produk mereka dari olahan bahan organik. Sebaiknya anda dapat menggunakan produk kecantikan yang bebas dari kamper dan resin. Bahkan saat membeli cat kuku, pilihlah yang hanya sedikit mengandung zat kimia. Sehingga kuku anda terhindar reaksi jahat yang dihasilkan.



Related

Kesehatan Kuku 4273048097210913345
item