Selain Karena Penyakit Maag, 4 Hal ini Bisa Sebabkan Perut Mual Setelah Makan



Anda sering merasa mual usai mengonsumsi makanan? Ini bukan semata karena penyakit maag, ternyata ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat perut terasa mual setelah makan sesuatu. Apa saja penyebabnya?

Berikut ini penjelasan dari masalah mual tersebut, seperti dilansir oleh laman Boldsky:

Alergi

Alergi terhadap beberapa jenis makanan juga bisa memicu rasa mual yang luar biasa. Itu karena tubuh sedang berusaha membuat Anda memuntahkan zat asing yang membuat alergi tersebut. Hal tersebut adalah mekanisme alami yang dimiliki oleh tubuh manusia.

Rokok dan alkohol

Usai minum alkohol serta merokok, beberapa orang juga akan mengalami mual yang parah jika makan.

Pola makan tak teratur

Pola makan yang tidak teratur juga memicu Anda mual usai makan. Ini karena asam lambung yang bekerja berlebihan, atau sering disebut sebagai maag. Mengunyah makanan dengan tidak halus, juga dapat memicu mual.

Keracunan

Jika makanan yang Anda konsumsi mengandung zat berbahaya, yang bisa meracuni tubuh, maka mekanisme tubuh akan berusaha memuntahkannya. Rasa mual itu baik sehingga jangan ditahan agar isi perut Anda bisa bersih kembali dari bahan yang meracuni.

Rasa mual dapat diatasi dengan minum teh hangat atau air jahe hangat, mengompres perut dengan air hangat, atau mengoleskan perut dengan minyak yang beraroma hangat misalnya minyak kayu putih.


Related

Makanan Sehat 1151526304750650152
item