5 Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita



Wanita ditakdirkan melahirkan. Namun, tak semua wanita bisa melakukannya. Berbagai faktor bisa menyebabkan wanita tidak bisa mengandung buah hati tercinta.

Berikut beberapa faktor yang memengaruhi kesuburan wanita:

1. Obesitas

"Kelebihan berat badan bisa memengaruhi produksi hormon dan akan mempersulit bagi seorang wanita untuk hamil," kata ginekolog William Schlaff seperti dilansir laman Health, Kamis (4/6).

2. Kurus

Terlalu kurus juga bisa memengaruhi kesuburan seowrang wanita. Itu mungkin karena wanita kurus kekurangan leptin, yakni hormon yang mengontrol rasa lapar dan perasaan kenyang. Memiliki leptin yang rendah berkontribusi terhadap tidak adanya periode menstruasi.

3. Keturunan
Tanyakan ibu Anda berapa umur dia ketika dia mengalami menopause. Anda mungkin akan menopause dini jika sang ibu juga mengalami hal serupa.

4. Alkohol

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia pada 2004 melacak lebih dari 7.000 wanita selama 18 tahun. Hasilnya, wanita yang dikategorikan sebagai peminum berat akan lebih sulit hamil.

5. Menyusui

Ini adalah mitos bahwa Anda tidak bisa hamil saat menyusui. Tetapi pada saat yang sama memang benar bahwa perempuan yang masih menyusui mungkin mengalami kesulitan untuk hamil lagi.

Related

Kehamilan 1619730550182426778
item