Hati-hati, Sekarang Banyak Mainan Anak yang Berbahaya Bagi Kesehatan Anak



Mainan anak-anak tidak semuanya bisa membuat si buah hati bahagia. Sebab, ada beberapa alat mainan yang tidak sehat yang bisa mengancam kesehatan. Oleh karena itu, orang tuah harus hati-hati ketika membelikan mainan untuk anak-anak terkasih mereka.

Sekarang banyak mainan yang bisa membahayakan anak-anak. Banyak mainan yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti timbal (Pb), merkuri (Hg), kadmium (Cd), dan kromium (Cr). Semua ini, adalah bahan kimia yang bisa mengancam kesehatan anak atau bahkan keselamatan mereka.

Bahan tersebut biasanya digunakan sebagai cat dalam bentuk fisik mainan anak-anak. Atau, dalam mainan edukatif, biasanya digunakan untuk pewarna. Bau dari bahan kimia tersebut biasanya sangat menyengat. Karena berbahaya, aroma tersebut dapat merusak otak dan memicu kanke.  Paling tidak, jika tertelan akan menyebabkan gangguan pencernaan pada anak.

“Jika terkontaminasi logam, [anak] bisa jadi terserang asma atau gangguan pencernaan,” jelas dr Elsa Maimon MSc SpA.  Oleh karena itu, sebaiknya orang tua selalu mengawasi atau mencegah dengan tegas anak-anak yang sering kali memasukkan mainan ke dalam mulut.

Adapun bagi orang tua yang ingin membelikan mainan buat anaknya harus cerdas memilih. Bukan berarti mainan dengan harga tinggi itu aman secara kesehatan. Menurut dokter Elsa, mainan anak-anak yang sehat dan baik untuk anak-anak, biasanya disertakan panduan terkait bahan-bahan dan cara menggunakannya dengan benar.

Related

Parenting 3345887345388447607
item