5 Tips Cara Mencegah & Mengatasi Alergi Pada Hidung


Bagi Anda yang sering mengalami alergi pada hidung, hal ini memang sedikit mengganggu aktivitas sehari-hari yang kita lakukan, kita pasti merasa tidak nyaman berada di posisi seperti ini. Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ada beberapa tips untuk mengatasi alergi yang di alami oleh hidung :

1. Memperhatikan aliran udara yang masuk

Alergi pada hidung dapat di cegah dengan cara mencegah dan menjaga udara dalam ruangan Anda yang memicu alergi hidung. Instalasi filter udara khusus dalam sistem AC dapat menghilangkan 90% sampai 95% partikel dari udara dalam ruangan Anda. Jendela dan pintu juga sebaiknya ditutup apabila jumlah serbuk saru atau asap yang terdapat di luar ruangan meninggi sehingga dapat membantu untuk menjaga alergen lain agar tidak masuk rumah.

2. Memakai Masker

Memakai masker terutama saat berada di luar ruangan dapat membantu untuk mencegah alergen masuk dalam salauran pernapasan Anda, misalnya ketika sedang menyapu, memotong, membersihkan ruangan dapat memicu alergi hidung. Masker adalah cara untuk mencegahnya. Masker Respirator N95, yang banyak tersedia di toko obat dan toko peralatan medis, akan dapat memblokir 95% partikel kecil, seperti serbuk sari dan alergen lainnya.

3. Pola Makan Sehat

Suatu studi penelitian menemukan sebuah fakta bahwa anak-anak yang membiasakan makan dengan pola makan sehat misalnya sayuran segar, buah-buahan, dan kacang khususnya seperti anggur, aple, jeruk dan tomat dapat mencegah alergi karena makanan-makanan sehat ternyata memiliki gejala alergi yang sedikit. Pada umumnya diketahui bahwa makanan-makanan sehat memiliki manfaat yang banyak di butuhkan oleh tubuh.

4. Meningkatkan Vitamin D pada Tubuh

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan alergi atau menambah alergi ke level yang lebih tinggi dan semakin memburuk. Bagi Anda yang memiliki alergi, usahakan mendapatkan asupan minimal 200 UI vitamin D per harinya. Vitamin D dapat ditemukan pada minyak ikan dan lemak ikan misalnya ikan tuna dan salmon, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen untuk mendapatkan vitamin D. Walau vitamin D dapat di temukan pada cahaya matahari, tabir surya yang harus anda pakai adalah SPF minimal 15, yang dapat memblokir vitamin D dan menghalangi UV.

5. Menghindari Asap Rokok

Dari sisi manapun asap rokok memang membahayakan dan dapat membuat gejala alergi bagi Anda, hidung semakin tersumbat dan mata berair. Jika Anda merokok, maka berhentilah dan juga meminta orang lain di rumah Anda untuk berhenti merokok. Cobalah untuk menghindari tempat-tempat di mana orang merokok, memilih restoran, klub malam dan kamar hotel yang bebas asap rokok. Lebih baik juga untuk menghindari asap lain yang dapat memperburuk gejala alergi, seperti semprotan aerosol dan asap dari pembakaran kayu perapian.


Related

Kesehatan Hidung 3560367471420464425
item