Cara Benar Mengolah Sayur dan Buah agar Tidak Hilang Vitaminnya



Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pengolahan yang salah justru membuat kita tak mendapat asupan vitamin yang cukup dari buah dan sayur yang dikonsumsi. Terutama vitamin B dan C yang rentan hilang bila diolah dengan cara yang tak tepat.

Begini cara yang benar untuk mengolah sayur dan buah-buahan yang memiliki kandungan tinggi vitamin B dan C.

Sebaiknya, buah dan sayuran dicuci terlebih dahulu sebelum dipotong, bukan sebaliknya. Jika buah dan sayur dipotong terlebih dahulu baru kemudian dicuci, vitamin B dan C yang terkandung akan ikut larut bersama air cucian.

Termasuk saat mencuci beras. Jangan terlalu sering mencuci beras, karena akan menghilangkan kandungan vitamin yang dimiliki bahan pangan pokok ini.

Perhatikan pula ukuran potongan. Jangan memotong buah atau sayur dengan ukuran terlalu kecil, untuk meminimalkan hilangnya kandungan vitamin.

Selanjutnya, ketika memasak sayuran berdaun hijau, lebih baik tak sampai layu benar. Cukup dididihkan sebentar, lantas langsung diangkat dari api, agar kandungan vitamin dalam sayur tak hilang banyak. Memasak memang menghilangkan kandungan vitamin, namun jika dilakukan dengan teknik yang benar kehilangan vitamin bisa dikurangi.

Terakhir, hindari untuk memanaskan ulang masakan. Meski makanan akan tetap terasa enak di lidah, namun kandungan vitaminnya sudah jauhberkurang atau bahkan hilang. Sebaiknya, masaklah dalam porsisekali makan dan siapkan masakan baru saat tiba waktu makan berikutnya.



Related

Tips Masak 2349135404671591320
item