4 Tips Berolahraga Saat Cuaca Cerah di Musim Panas


Cuaca cerah di musim panas sejatinya memberi kesempatan untuk hidup sehat. Aktivitasnya kini bisa digeser ke luar ruangan. Mood bisa membaik. Namun, jangan lupa perhatikan tindakan pencegahan dan keselamatan ekstra di musim panas.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat berolahraga di tengah cuaca yang hangat/panas:

1. Jangan menyeka keringat

"Membiarkan keringat tinggal dikulit Anda benar-benar akan membantu Anda merasa lebih dingin karena keringat akan membuat suhu tubuh menguap," kata penasihat senior untuk pendidikan kesehatan dan kebugaran di American Council on Exercise, Jessica Matthews, seperti dilansir laman Health, Minggu (26/7).

2. Pertimbangkan indeks panas


Matthews merekomendasikan mencari kelembaban lokal dan suhu, kemudian menggunakan grafik indeks panas yang mengukur suhu dengan jelas untuk mengukur seberapa panas lingkungan di sekitar Anda.

Sebaiknya sebelum berolahraga di udara yang panas, Anda melakukan latihan ringan jika Anda akan keluar antara pukul 10 pagi dan 6 sore ketika panas lebih intens.

3. Memakai jenis pakaian yang memudahkan tubuh bernafas

Pakaian berwarna lebih terang tidak akan membuat Anda merasa lebih dingin dibandingkan dengan pakaian berwarna gelap. Sebaliknya fokus pada mengenakan bahan yang tepat.

Sebaiknya kenakan pakaian yang terbuat dari bahan dari campuran polysynthetic.

4. Tetap terhidrasi


Anda tahu air minum adalah kunci ketika Anda berolahraga tapi berapa jumlah yang tepat ketika Anda berolahraga di musim panas?

Matthews merekomendasikan 7 hingga 10 ons air untuk setiap 15 hingga 20 menit latihan. Untuk tujuan keamanan, minum ketika Anda merasa haus saja.


Related

Tips Olahraga 3828636064001270007
item