Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Kepala Gatal



Anda sering mengalami gatal di kulit kepala yang tak kunjung hilang? Gatal yang datang setiap saat atau hanya setelah keramas, memang sering dialami banyak orang.

Biasanya hal ini terjadi karena pengelupasan kulit kepala saat udara dingin, kering dan juga panas. Jika Anda tetap bertahan dan tidak mengobatinya, hal ini dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut Anda.

Melansir dari Womenshealthmag, Steve Pullan, seorang trichologist di klinik rambut Philip Kingsley, menjelaskan bahwa Rambut memiliki siklus tersendiri.

"Pada tingkat yang ringan, kulit kepala yang tidak sehat dapat mengganggu siklus, sehingga rambut tidak bertahan di fase 'tumbuh' yang cukup lama dan akan rontok lebih sering," katanya.

Pada tingkat yang lebih serius, lanjut Steve, peradangan kulit kepala dapat mengganggu siklus parah yang memberikan kontribusi untuk faktor rambut rontok. Jika Anda rentan terhadap kerontokan rambut, hal ini tentu menjadi lebih buruk.

Sebelum Anda mulai obsesif menghitung berapa rambut yang rontok di sisir Anda, jangan khawatir, kulit kepala yang tidak sehat adalah salah satu masalah rambut paling umum dan tentunya ada cara untuk menyingkirkan gatal tersebut.

Pullan menyarankan untuk lebih sering keramas misalnya, setiap hari, tetapi dia mengakui bahwa hal ini memang sulit diakukan oleh beberapa orang.

Jadi dia menyarankan untuk keramas sesering yang Anda bisa secara rutin untuk menyingkirkan penumpukan sebum pada kulit kepala Anda. Ini memamg tidak selalu ampuh untuk menyingkirkan ketombe, tetapi setidaknya bisa meningkatkan efektivitas dari setiap kulit kepala kering atau perawatan ketombe yang Anda gunakan.

"Jika ada lapisan sebum pada kulit kepala Anda, perawatan topikal Anda tidak akan dapat menembus," katanya menjelaskan.

Related

Rambut 4951923790922744021
item